Pandemi Corona, Pelamar Kerja di Karawang Menurun Drastis

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 16:29 WIB
Pelamar Kerja di Karawang
Layanan kartu kuning di kantor Disnakertrans Karawang tampak lengang. Kantor itu tergolong zona merah. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang -

Jumlah positif Corona atau COVID-19 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus meningkat. Sejak menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), enam kecamatan menjadi zona hitam. Hingga saat ini, 80 persen wilayah Karawang sudah terpapar Corona. Hal itu berdampak pada sektor tenaga kerja.

Pantauan detikcom, Kantor Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang tampak lengang. Tak seperti biasanya, antrean pencari kerja yang mengurus kartu kuning ini sepi .

"Saat pandemi ini, sehari paling melayani puluhan orang. Kalau sebelumnya sehari bisa melayani ratusan orang pencari kerja," kata Okih Hermawan, Kadisnakertrans Karawang saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7/2020).

ia menuturkan terdapat sejumlah faktor, diantaranya banyak perusahaan yang menunda rekrutmen dan pelamar kerja. "Dan mungkin saja pelamar mempertimbangkan keselamatan dirinya untuk mengurus lamaran ke sini," kata Okih.

Okih kini sudah sembuh dari Corona. Dua bulan lalu, pria ini tertular di Klaster HIPMI Jabar.

Tonton video '19 Ribuan Pekerja Pariwisata Jakarta Daftar Kartu Prakerja':

Selanjutnya
Halaman
1 2