Sastrawan Sunda-Wartawan Senior Usep Romli Meninggal Dunia

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 11:53 WIB
Usep Romli
Foto: Facebook Usep Romli
Bandung -

Kabar duka menyelimuti dunia Sastra Sunda pagi ini, salah seorang penghidupnya H Usep Romli meninggal dunia di Klinik Al Yamin, Limbangan, Kabupaten Garut pada Rabu (8/7/2020) sekitar pukul 9.30 WIB. Selain menggeluti sastra, Usep juga dikenal sebagai wartawan Pikiran Rakyat (PR) sampai pensiun.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiuun... telah meninggal dunia Bp Usep Romli hari Rabu pukul 9.30 di klinik Al Yamin Limbangan Garut. Semoga almarhum diterima iman Islamnya, diampuni dosa-dosanya, mendapatkan rahmat Allah SWT dan tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Semoga yang ditinggalkan semoga mendapatkan kekuatan dan kesabaran (diterjemahkan dari bahasa Sunda, red)," seperti tertulis dalam pesan siaran yang diterima detikcom.

Kabar itu dibenarkan oleh wartawan senior "PR" Enton Supriyatna. Dari informasi yang didapatkannya, almarhum Usep akan dirujuk ke Bandung. Pasalnya, beredar juga kabar bahwa Usep meninggal di RS Al Islam. "Awalnya mau dirujuk ke Bandung," ujar Enton.

Belum diketahui penyebab meninggalnya Usep. Namun rencananya, almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya Limbangan.

Selama hidupnya Usep dikenal sebagai penulis buku anak-anak bahasa Indonesia dan Sunda. Setelah lulus dari Sekolah Pendidikan Guru pada 1966, Usep aktif menulis sebagai koresponden mingguan di berbagai surat kabar. Banyak sajak dan cerita pendeknya yang dimuat di majalah Kalawarta, Kudjang, Mangle, Galura, Hanjuang dan Giwangkara.

Saat hendak dipindahkan menjadi pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung, pria yang telah banyak mendapatkan penghargaan di bidang sastra itu memilih untuk menanggalkan seragam coklatnya dan bekerja penuh sebagai wartawan hingga pensiun.

(yum/ern)