Walkot Bandung Ingatkan Protokol Kesehatan ke Panitia Kurban

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 11:53 WIB
Oded M Danil memberikan arahan ke panitia kurban
Oded M Danil memberikan arahan ke panitia kurban (Foto: Humas Pemkot Bandung)
Bandung -

Jelang Idul Adha, Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan arahan kepada panitia penyembelihan hewan kurban di 30 kecamatan secara virtual. Oded membagikan ilmu cara menyembelih hewan kurban yang baik sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Dalam arahannya, Oded meminta kepada para panitia penyembelihan hewan kurban untuk menjaga protokol kesehatan, karena Idul Adha kali ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Pertama, karena dalam suasana pandemi COVID-19 ini kita harus menghindari dari hal-hal yang mungkin bisa menyebarkan virus ini," kata Oded dalam webinar, Rabu (8/7/2020).

Pihaknya meminta kepada warga Bandung yang melaksanakan pemotongan hewan kurban tetap menjaga protokol kesehatan, selain itu belilah hewan kurban yang sehat.

"Kedua, pastikan hewan kurban yang akan dipotong didapat hewan kurban yang sehat dan terjamin kesyar'iannya. Jangan sampai enggak afdol," ujarnya.

Selain itu, pastikan alat potong hewan steril dari dan bersih. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

"Dalam pelaksanaan memotong social distancing dan physical distancing harus dilakukan. Tidak boleh saling pinjam alat, karena khawatir ya, kan harus steril dan sangat hati-hati," ungkapnya.

Selain itu, dalam proses distribusi atau pembagian daging kurban kepada warga, teknisnya harus dipastikan social distancing bagus bila ingin dibagikan secara langsung.

"Saya berharap tentu saja, panitia harus menjaga protokol kesehatan yang baik, juga kepada masyarakat yang nantinya akan mendapatkan manfaat dari daging kurban itu harus memperhatikan protokol kesehatan yang sudah diberikan panitia," jelasnya.

"Insya Allah kalau itu dilakukan, mudah-mudahan pelaksanaan Idul Adha ini tidak menjadikan kluster baru tapi dapat menjadikan ibadah ini sebagai bukti kecintaan kepada Allah SWT," pungkasnya.

Tonton video 'Menag Keluarkan SE Salat Idul Adha dan Penyembelihan Kurban, Ini Protokolnya':

(wip/mud)