PPP-PKB Bangun Koalisi di Pilkada Pandeglang 2020

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 17:54 WIB
PPP-PKB koalisi di Pilkada Pandeglang
Foto: PKB-PPP koalisi di Pilkada Pandeglang (Istimewa).
Serang -

DPW PKB dan PPP Banten menyepakati membangun koalisi untuk Pilkada Pandeglang 2020. Kedua partai ini sepakat mengusung Toni Mukson sebagai calon bupati melawan petahana dengan slogan 'Bupati Baru Pandeglang Maju'.

Plt Ketua DPW PPP Subadri Ushuludin mengatakan, kedua partai sepakat untuk koalisi di Pandeglang atas dasar keprihatinan bersama di daerah tersebut. Koalisi disepakati pengurus partai di Pandeglang untuk mengusung calon bupati namun belum menutup pintu koalisi dengan partai lain.

"Kenapa PPP-PKB mendeklarasikan hajatan Pandeglang, kita ada rasa tinggi dalam rangka keprihatinan. Sekalipun deklarasi PPP-PKB, besok NasDem, Gerinda, Perindro ikut mendeklarasikan," ucap Subadri Ushuludin di kantor DPW PPP, Serang, Banten, Minggu (5/7/2020).

PPP membuka kepada calon yang akan bergabung mengusung Toni Mukson. Ia mempersilahkan calon dari partai lain saling komunikasi untuk menentukan siapa yang jadi bupati maupun wakil bupati ke depan.

"Silahkan digodok dibangun komunikasi, mari sama-sama bangun Pandeglang, saya berharap PPP dan PKB sama-sama bawa Pandeglang ke arah lebih baik," ujarnya.

Di tempat sama, Ketua DPW PKB Banten Ahmad Fauzi memilih utuk mengusung kadernya tersebut maju di Pandeglang. Gayung ini kemudian disambut oleh PPP yang sama-sama ingin berkoalisi.

"PPP menyambut, saya yakin partai NasDem, Perindo, Gerindra akan ikut," ujarnya.

Di kesempatan deklarasi ini PKB-PPP yang mengenalkan Toni Mukhson, kedua partai ini juga mengenalkan calon dari NasDem dan Perindo. Namun, kedua partai ini belum menyepakati untuk koalisi bersama.

Sejauh ini, Pilkda Pandeglang diramaikan oleh calon petahan Irna Narulita dan wakilnya Tanto Arban. Juga muncul calon perseorangan yang saat ini masih dalam tahapan verifikasi faktual KPU yaitu pasangan dari grup band Jamrud Crisyanto-Hendra dan pasangan Mulyadi-Subhan.

Tonton video 'KPU: Di Pilkada 2018, Ada Orang Beli 'Tiket Pencalonan' ke Parpol':

(bri/mso)