Fase New Normal, Okupansi Hotel di Jabar Mulai Meningkat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 15:30 WIB
ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel (Foto: Thinkstock)

Meski begitu, jumlah okupansi hotel ini meningkat bila dibandingkan saat 3 bulan masa pandemi dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). "Ya kalau itu (saat pandemi dan PSBB) di bawah lima persen. April, Mei, Juni di bawah lima persen. (Sekarang) Mulai merangkak terutama setelah dibukanya PSBB," ujar Herman.

"Sekarang ini kan kita menunggu, kalau PSBB dibuka nasional itu mungkin ada pergerakan. Sekarang kan gubernur pun membatasi orang Jakarta datang ke Bandung jadi makanya itu masih hambatan," kata dia menambahkan.

PHRI mencatat peningkatan okupansi terlihat di beberapa tempat daerah yaitu Bogor, Cirebon dan Subang. Pengunjung yang datang memang rata-rata masih warga Jabar.

"Kalau Bandung belum merata semua. Kalau di rata-rata 10-15 persen (okupansi) sudah ada. Tapi kalau rata-rata se-Jabar masih di bawah sepuluh (persen)," ucap Herman.

Mulai banyaknya masyarakat yang datang menginap di hotel, menurut Herman, dikarenakan kebosanan warga berada di rumah. "Orang hanya bosan di rumah ingin ke mana kelihatannya begitu tuh," kata Herman.

Halaman

(dir/bbn)