Adaptasi Kebiasaan Baru, Tempat Hiburan di Ciamis Mulai Beroperasi

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:21 WIB
Tempat hiburan di Ciamis mulai beroperasi
Tempat hiburan di Ciamis mulai beroperasi (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Sejak masuknya masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sejumlah tempat hiburan di Kabupaten Ciamis kembali beroperasi. Beberapa tempat karaoke telah mulai buka pada 1 Juli 2020 kemarin.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia membenarkan sejak berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), beberapa tempat hiburan karaoke dan bioskop di Ciamis telah buka. Namun ada juga yang baru mulai buka pada 5 Juli nanti.

"Tidak dilarang, sekarang sudah ada yang buka tapi dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Yang sudah umum cuci tangan pakai sabun dan tetap gunakan masker," ujar Budi kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Budi mengingatkan, tempat hiburan yang memilih buka di tengah pandemi ini agar mentaati protokol kesehatan. Terutama untuk tempat hiburan indoor ini ada batasan pengunjung, penerapan physical distancing atau jaga jarak.

"Jadi kami memang sudah tak ada dasar untuk penutupan. Kami hanya melakukan imbauan agar protokol kesehatan dijalankan. Misalkan ada kerumunan di destinasi atau lokasi hiburan, tidak ditutup tapi dikasih imbauan saja," tegasnya.

Budi menegaskan bukan hanya tempat hiburan saja, hotel, cafe dan restoran sudah tak ada larangan tutup. Sebelumnya tempat wisata di Ciamis saat ini sudah banyak yang buka dan bisa dikunjungi.

"Koordinasi tetap dilakukan dengan Dinas Pariwisata dan Gugus Tugas COVID-19 Ciamis. Sehingga upaya pencegahan-pencegahan munculnya klaster di Ciamis terutama di lokasi wisata dan hiburan bisa diminimalisir," pungkasnya.

Tonton juga video 'dr Reisa Ajak Masyarakat Lakukan Ini saat Berwisata Era New Normal':

(mud/mud)