Saat Tiga Matra TNI Bangun Pelosok Selatan Sukabumi Lewat TMMD

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 07:57 WIB
Saat Tiga Matra TNI Bangun Pelosok Selatan Sukabumi Lewat TMMD
Saat Tiga Matra TNI Bangun Pelosok Selatan Sukabumi Lewat TMMD (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Personel TNI dari tiga matra dikerahkan untuk membangun salah satu desa yang berada di pelosok Selatan Sukabumi. Mereka ditugasi untuk mensukseskan berjalannya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 yang dilakukan Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

"Sengaja kita pilih di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder karena posisinya memang paling pelosok dan belum terlalu banyak tersentuh pembangunan," kata Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno di lokasi TMMD, Selasa (30/6/2020).

Suyikno mengatakan ada 13 item pembangunan fisik dan 10 item pembangunan non fisik yang nantinya akan melibatkan 134 personel TNI dan 16 personel gabungan dari Polri dan Pemkab Sukabumi.

Pelaksanaan TMMD sendiri dibuka hari ini dan berakhir pada 29 Juli mendatang. Hadir dalam pembukaan tersebut, Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajarannya, Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif serta sejumlah tokoh masyarakat.

"Untuk dari TNI kita libatkan dari Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU) dan tiga Batalyon, target sasaran dalam TMMD ini terbanyak pembangunan fisik seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, perbaikan jalan dan yang kita fokuskan ini jembatan gantung yang sangat vital diperlukan warga," beber Suyikno.

Untuk Rutilahu, TMMD menyasar 10 rumah warga yang memang kondisinya dianggap memprihatinkan. Selain itu, TMMD juga mengaspal jalan desa dengan panjang 1,6 KM dan lebar 2,5 meter. Untuk jembatan gantung akan dibangun sepanjang 40 meter lebar 1,2 meter tinggi 8 meter.

"Kita membangun dari desa, bagaimana mereka yang berada di pelosok ini bisa tergenjot sektor perekonomiannya, pendidikan, kesehatan dan banyak lagi," ungkap Suyikno.

"Untuk jembatan gantung ini paling menunjang, karena menghubungkan antara Kecamatan Kalibunder dengan Tegalbuleud, jembatan lama cukup curam dan ada bebatuan serta penghalang kanan dan kiri sudah tidak ada makanya itu yang paling kita unggulkan untuk dibangun," tambahnya.

Tonton video 'Warga Tangkap Buaya Muara yang Hampiri Pemancing di Sukabumi':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2