Masuk Zona Hijau, Ridwan Kamil Izinkan Kota Sukabumi Buka Sekolah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 16:51 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau kesiapan objek wisata di Lembang.
Foto: Whisnu Pradana
Sukabumi -

Kota Sukabumi masuk zona hijau penyebaran COVID-19. Status zona hijau ini membuat pemerintah Kota Sukabumi diizinkan untuk persiapan pembukaan sekolah secara tatap muka.

"Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah. Karena sesuai aturan, kalau sudah zona hijau, sudah boleh melakukan persiapan sekolah fisik," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam konferensi pers secara daring, Senin (29/6/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyatakan meski nantinya proses belajar di sekolah dibuka, protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 tetap diberlakukan.

"Dengan protokol sangat ketat, tolong disimulasikan," katanya.


Kang Emil juga meminta tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Jabar untuk terus mengawal. Pihaknya pun meminta agar pemerintah dan tim gugus tugas mencontoh dan belajar dari negara yang berhasil dan gagal.

"Maka saya perintahkan tim gugus tugas untuk mengawal proses ini. Belajar dari kegagalan negara lain dan belajar dari keberhasilan negara yang berhasil untuk Sukabumi," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Kota Sukabumi sudah masuk zona hijau. Hal tersebut berdasarkan penilaian dari tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Jabar.

"Alhamdulilah ada satu wilayah sekarang masuk zona hijau yaitu Kota Sukabumi," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil saat konferensi pers secara daring, Senin (29/6/2020).

Jauh hari sebelum itu, Kementerian Pendidikan juga mengungkapkan akan ada pembukaan sekolah bagi yang daerahnya sudah masuk zona hijau. Sementara yang berada di zona biru-kuning tetap belajar di rumah.

Tonton juga video '74 Daerah Zona Hijau di Indonesia':

(dir/ern)