BIN Periksa 1.800 Sampel Rapid Test di Bandung: 37 Reaktif - 5 Positif

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 15:52 WIB
BIN jabar gelar rapid test dan swab test di bandung
Foto: Yudha Maulana
Bandung -

Badan Intelijen Negara (BIN) telah memeriksa lebih dari 1.800-an sampel dengan menggunakan rapid test di tiga titik yang tersebar di Kota Bandung hingga Sabtu, pukul 12.30 WIB. Dari ribuan sampel tersebut, ditemukan 37 orang reaktif dan lima orang positif COVID-19.

Koordinator Lapangan Mobil Lab BIN Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan kemungkinan jumlah sampel yang diperiksa akan bertambah. Mengingat, masih banyaknya warga yang mengantre untuk diperiksa di Balaikota Bandung. Pantauan detikcom, pukul 13.10 WIB warga masih terus berdatangan.

"Kalau yang di sini dari jam 8, kurang lebih sudah 718 yang kita laksanakan rapid, dari 718 ada 7 yang reaktif. Kemungkinan hari ini ada 1.000 karena rekan-rekan kita di belakang masih antre dan belum masuk," ujar Budi di sela kegiatan.

Budi mengatakan, untuk warga yang terkonfirmasi positif ditemukan di Gedung Promosi, Kota Bandung. Sementara pada operasi yang digelar di Gedung Sate, nihil pasien yang terinfeksi virus Corona. "Hari ini yang terkonfirmasi positif akan kita laksanakan swab yang kedua, untuk melihat hasilnya lebih lanjut," ujarnya.


Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Kota Bandung sendiri telah melaksanakan 21 ribu pemeriksaan dengan menggunakan rapid test dan 10 ribu lebih pemeriksaan dengan PCR. "Mudah-mudahn bisa mendekati target 0,6 persen dari populasi sesuai dengan persyaratan WHO. Alhamdulillah kita sudah di 0,8 persen," kata Yana.

Yana pun mengatakan, lima orang warga yang terkonfirmasi COVID-19 di Gedung Promosi akan dilacak kontaknya. "Yang positif akan kita tracing kontaknya, kemudian yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri. Semakin banyak kita melakukan tes pengendalian wabah terkendali, semoga apa yang dilakukan BIN bisa mempercepat pengendalian wabah," katanya.

(yum/ern)