Hujan Angin Semalaman, Sejumlah Bangunan di Pangandaran Rusak

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 12:27 WIB
hujan angin rusak rumah di pangandaran
Foto: istimewa
Pangandaran -

Hujan deras disertai angin kencang Jumat (19/6/2020) dinihari di wilayah Kabupaten Pangandaran mengakibatkan bangunan rusak di beberapa titik.

Salah satunya bangunan pendopo Lokabina Pramuka di kawasan Pamugaran Pangandaran ambruk. Bangunan milik pemerintah itu luluh lantak disapu angin kencang.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Pangandaran Apip Winayadi mengatakan hujan deras yang disertai angin kencang semalam suntuk di wilayah Kabupaten Pangandaran mengakibatkan aset gedung Pramuka itu ambruk.

"Bangunan gedung Lokabina Pramuka ambruk terkena angin dan guyuran hujan semalam. Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka," kata Apip.

Selain itu musibah juga menimpa rumah milik Hendra warga Dusun Giriharja RT 02 RW 10 Desa Selasari Kecamatan Parigi Pangandaran.

Rumah Hendra hancur akibat tertimpa pohon tumbang. "Pohonnya cukup besar, sehingga rumah korban hancur," kata Kepala Desa Selasari Ugas Yugaswara.

Saat kejadian Hendra sedang ronda malam. Kemudian hembusan angin kencang dan menimpa rumah Hendra. Beruntung kejadian itu tak sampai melukai istri dan anak Hendra.

Akibat kejadian itu warga bergotong royong membereskan sisa reruntuhan dan mengevakuasi pohon. "Korban mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta karena harus direnovasi semua," tutur Ugas.

Selain itu di Kecamatan Cijulang juga dikabarkan sebuah bengkel ambruk akibat hujan deras dan angin kencang.

"Di wilayah Dusun Balengbeng Desa Margacinta Kecamatan Cijulang juga ada salah satu bengkel yang ambruk dan beberapa rumah milik warga tergenang air banjir cileuncang," kata Entis Sutisna (47) warga setempat.

(ern/ern)