Sehari Setelah Bebas, Ferdian Paleka Bertemu Wabup Bandung untuk Minta Maaf

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 20:26 WIB
Ferdian Paleka bertemu wabup bandung
Foto: M iqbal
Kabupaten Bandung -

Sehari setelah bebas, Ferdian Paleka dan dua temannya menemui Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan di rumah dinasnya. Di depan wabup, Ferdian dkk kembali minta maaf dan berjanji membuat konten YouTube yang positif.

Ulah Ferdian sempat viral di media sosial dengan memberikan sembako berisi sampah kepada sejumlah waria di Kota Bandung. Akibat perbuatannya, ia dilaporkan dan diamankan polisi atas laporan para korban.

"Saya mewakili teman-teman saya meminta maaf atas kelakuan kami yang membuat prank sampah terutama warga Kabupaten Bandung. Kami sangat menyesali perbuatan kami dan kami tidak akan melakukan perbuatan itu lagi," ujar Ferdian kepada wartawan, Jumat (5/6/2020).

YouTuber asal Kabupaten Bandung tersebut baru saja bebas dari sel penjara, kemarin (4/6/2020). Mereka bebas setelah para korban menarik kembali laporan polisi yang sempat diadukan.

Tepat pukul 16.00 WIB mereka mendatangi rumah dinas Wabup Bandung bersama dengan kedua orang tua masing-masing. Mereka mengenakan baju batik dilengkapi kopiah warna putih.

"Tujuannya silaturahmi dan minta maaf ke seluruh warga Kabupaten Bandung," jawab Ferdian saat ditanyai tujuan kedatangannya.


Mereka mengaku kapok atas perbuatan yang telah dilakukan. "Kapok dan dijadikan pengalaman saja bagi kami," sesalnya.

Tetapi Ferdian mengaku tidak kapok membuat konten YouTube di channelnya. Ia berjanji tidak akan membuat konten yang menyinggung perasaan orang lain lagi.

"Rencana ke depan kita bikin lebih baik lagi dan positif," janjinya kepada Gun Gun usai berbincang sekitar dua jam lebih.

Kemudian dalam kesempatan itu pun mereka mendapatkan alat salat pemberian dari Gun Gun. Ia mengatakan, tujuan pemberian alat salat itu agar mereka selalu mengingat segala ucapan dan perbuatan mereka.

"Saya sendiri mengapresiasi keinginan anak anak muda youtuber ini, yang mempunyai talen yang luar biasa. Atas kesalahannya kemarin ingin meminta maaf kepada korbannya, dan juga warga Kabupaten Bandung serta Indonesia atas apa yang telah mereka lakukan dibeberapa hari yang lalu," tutur Gun Gun.


Meski begitu, Gun Gun mengingatkan agar Ferdian dan kawan kawan untuk memegang janjinya. Dan menyarankan agar membuat konten youtube yang bernilai baik dan positif tidak menyinggung perasaan orang lain.

"Tapi dengan catatan, jadilah youtebur yang baik yang bisa menghasilkan konten yang baik. jangan membuat konten yang membuat orang lain senang tapi lupa ada orang yang tersakiti dan dipermalukan," sarannya.

Ia pun memberikan tantangan kepada mereka, apabila sudah berprilaku baik dan sukses di kemudian hari untuk berdoa di dwpan kabah, dan mendoakan waraga Kabupaten Bandung.

"Saya tadi kasih tantangan, kalau sudah sukses, berdoa di depan kabah doakan untuk Kota dan Kabupaten Bandung, terus kirim fotonya ke saya," pungkas Gun Gun.

(ern/ern)