Jabar Hari Ini: 34 Jemaah Salat Jumat Reaktif-Terduga Teroris Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 20:22 WIB
Rapid Test di Masjid Sukabumi
Puluhan jemaah salat Jumat di Sukabumi reaktif rapid test (Foto: Syahdan Alamsyah)
Bandung -

Tim Densus 88 Antiteror mengamankan seorang pria berinisial M asal Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Dalam aksi penangkapan itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yang mengarah ke aksi teror.

Hari ini (5/6/2020), sejumlah wilayah di Jabar mulai melaksanakan Salat Jumat berjamaah di masjid raya. Ritual ibadah wajib bagi pria muslim ini disambut haru oleh warga. Sementara itu kasus perundungan yang menimpa YouTuber Ferdian Paleka terus berlanjut.

Apa saja yang terjadi di Jabar Hari Ini ? berikut ulasannya.

Momen Haru Warga Bandung Kembali Salat Jumat Berjamaah

Rasa haru dirasakan Abdan (35), warga Kota Bandung, setelah menunaikan Salat Jumat pertama di Masjid Pusdai, Kota Bandung pada Jumat (5/6/2020). Ini kali pertama Adin salat Jumat di masa pandemi COVID-19.

"Sebelumnya saya mengikuti anjuran pemerintah, menunaikan ibadah di rumah bersama keluarga atau sendirian, sudah dua bulan saya beribadah di rumah," ujar Abdan saat ditemui detikcom.

Ia pun merasa bergembira ketika membaca berita masjid Pusdai dibuka, dan menyelenggarakan salat Jumat berjamaah. "Saya pakai masker, dan bawa sajadah sendiri dari rumah. Kemarin saya sedih melihat masjid-masjid sepi dan kosong," paparnya.

Selain masjid Pusdai Jabar, salat Jumat juga dilaksanakan di Masjid Al Ukhuwah yang lokasinya berdekatan dengan Kantor Pemkot Bandung.

Sementara itu di wilayah Jabar lainnya, Salat Jumat juga dilaksanakan di Masjid Agung Sumber Cirebon. Dalam pelaksanananya jemaah diwajibkan mengenakan masker.

Namun begitu, di Sukabumi sebanyak 34 orang yang mengikuti rapid test sebelum pelaksanaan salat Jumat di Kabupaten Sukabumi dinyatakan reaktif. Rapid test massal ini tersebar di masjid-masjid yang menggelar salat Jumat.

"Alat rapid test 4.800, dibagi ke 47 kecamatan. Di Cibadak saja ada dua masjid yang melaksanakan rapid. Reaktif ada 34 orang, wilayahnya masih tersebar, (hasilnya) belum masuk semua. Baru masuk 1.400 dari 14 kecamatan. Besok sepertinya selesai semua," kata Koordinator Sekretariat Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, Jumat (5/6/2020).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4