Masjid Kembali Gelar Jumatan, Ini Kata MUI Kota Bandung

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 10:16 WIB
Masjid Al-Ukhuwwah Bandung
Masjid Al-Ukhuwah Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Masjid di Kota Bandung mulai kembali menggelar Jumatan hari ini. Namun setiap DKM diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah jemaah juga dibatasi demi mencegah penyebaran COVID-19.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung KH Miftah Farid mengimbau agar pelaksaanaan salat Jumat digelar satu gelombang. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan Corona.

"Usahakan satu kali (gelombang salat Jumat)," katanya via pesan singkat, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, apabila kapasitas masjid sudah penuh atau mencapai batas maksimal yang ditentukan maka disarankan jemaah yang hendak melaksanakan salat Jumat mencari masjid lain.

"Kalau tidak bisa cari tempat lain, madrasah, rumah dan lain-lain," sebutnya.

Dia juga mengungkapkan, DKM masjid juga harus koordinasi dengan aparat kewilayahan. "Masing-masing pengurus masjid koordinasi dengan RW dan kelurahan setempat," tambahnya.

Hal serupa dikatakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Kota Bandung Bambang Sukardi, DKM masjid harus berkoordinasi dengan aparat kewilayahan.

"Bagaimanapun pun juga disarankan kepada pengurus masjid untuk koordinasi dengan aparat kewilayahan, camat, Kapolsek, danramil terutama RT RW. Harus ada pernyataan siap melaksanakan denga protokol kesehatan," ujarnya.

Fatwa MUI soal Salat Berjemaah dan Jumatan Jelang New Normal:

(wip/mso)