Corona di Cianjur: Dari Hebohnya Pasien Meninggal hingga Hilang Sepenuhnya

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 17:39 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)

Semua Pasien Corona 19 Sembuh, Cianjur Nihil Positif Aktif

Terhitung 2 Juni 2020, Cianjur nihil pasien positif aktif COVID-19. Empat pasien positif terkonfirmasi sembuh setelah menjalani perawatan dan dua kali swab test.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal, mengatakan, pasien yang terakhir terkonfirmasi sembuh yakni pasien 04 dan 05. Keduanya merupakan tenaga medis sudah menjalani dua kali swab test usai terkonfirmasi positif.

"Swab yang pertama dan kedua pasca ditetapkan positif, hasilnya sama-sama negatif. Sehingga dipastikan mereka sembuh atau negatif COVID-19," ujar Yusman kepada detik.com saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, kedua pasien tersebut sudah pulang ke rumah. Namun selama dua pekan ke depan, mereka diimbau untuk tidak keluar rumah. "Jika pun harus keluar karena urusan penting, tetap jalankan protokol kesehatan," katannya.

Dengan sembuhnya kedua pasien tersebut, Yusman menjelaskan, Cianjur kini nol pasien positif COVID-19 aktif. Dari lima pasien terkonfirmasi positif, 1 orang meninggal, dua pasien sembuh beberapa pekan lalu dan dua pasien lainnya juga sudah terkonfirmasi sembuh.

"Alhamdulillah semuanya sembuh untuk yang pasien positif aktif, sehingga Cianjur nol pasien positif aktif atau yang dirawat," tutur Yusman.

Berdasarkan data terbaru, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Cianjur tercatat ada 110 orang dengan 27 orang pasien meninggal dan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 894 orang dengan 10 orang diantaranya meninggal dunia.

"Untuk kemungkinan yang PDP atau ODP menjadi positif, sangat kecil untuk di Cianjur. Dari PDP yang ada pun hanya lima yang terkonfirmasi menjadi positif. Semoga seterusnya tidak ada lagi yang positif," ucap Yusman.


(bbn/bbn)