Saat Buka Nanti Mal BIP Hanya Bisa Menampung 5.000 Pengunjung

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 15:55 WIB
Mal BIP Bandung
Foto: Wisma Putra/detikcom
Bandung -

Sebanyak 23 mal di Kota Bandung bersiap menghadapi new normal. Segala persyaratan protokol kesehatan yang direkomendasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang disiapkan.

Salah satunya Mal Bandung Indah Plaza (BIP), mal tertua di Kota Kembang. Mall Director BIP Didi Markibah memastikan pihaknya siap menerapkan protokol kesehatan yang direkomendasikan Pemkot Bandung, salah satunya membatasi jumlah pengunjung hanya 30 persen dari kapasitas maksimal gedung.

Menurut Didi, kapasitas maksimal BIP adalah 15 ribu orang. Nantinya, bila diberlakukan new normal, mungkin hanya 5.000 pengunjung yang bisa diperbolehkan masuk dalam gedung mal.

"Sisanya nanti nunggu di luar. Akan kami siapkan petugas agar tidak terjadi penumpukan antrean," kata Didi di BIP, Rabu (3/6/2020).


Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan protokol kesehatan lain yang direkomendasikan Pemkot Bandung, yakni menyiagakan alat pendeteksi suhu tubuh serta menyediakan fasilitas pencuci tangan, masker, dan ruang isolasi.

"Kami sarankan mereka (tenant) juga punya sendiri, seperti hand sanitizer. Nanti akan kami siapkan masker atau sarung tangan kalau kurang dan kami bisa bantu," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga akan mewajibkan para pengelola tenant agar juga menyediakan fasilitas alat perlindungan diri (APD) untuk penjaga tenant ataupun pengunjung, seperti face shield dan tirai plastik untuk kasir.

Didi berharap pusat perbelanjaan bisa kembali diizinkan beroperasi, sehingga perekonomian bisa tumbuh kembali.

"Karena selama jalan tiga bulan ini kita tidak ada income, ekonomi stuck, macet, kasihan orang-orang yang karena keadaan tidak bisa bekerja," pungkasnya.

(wip/ern)