1 Pedagang Positif Corona, Pasar Pabuaran Kidul Cirebon Ditutup

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 22:13 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Kabupaten Cirebon -

Seorang pedagang Pasar Pabuaran Kidul, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Pemerintah setempat sepakat menutup sementara Pasar Pabuaran.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengatakan penutupan Pasar Pabuaran akan dilakukan Selasa (2/6/2020). "Mulai besok pasar ditutup. Ini hasil kesepakatan bersama," kata Nanan pesan singkat, Senin (1/6/2020).

Nanan menjelaskan Pasar Pabuaran merupakan pasar tradisional yang dikelola oleh pihak desa. Sehingga, penutupan pasar melibatkan berbagai pihak, termasuk dari pihak Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC), pihak desa terkait, kecamatan dan lainnya.

Selain menutup sementara, menurut dia, Pemkab Cirebon juga akan menyemprotkan disinfektan. "Untuk berapa hari penutupannya kami masih menunggu informasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD," kata Nanan.

Pada Minggu (31/5) kemarin, GTPP COVID-19 Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengumumkan penambahan seorang pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan adanya kasus baru ini, total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 13 orang.

Juru Bicara GTPP Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengatakan pasien positif ke-13 merupakan perempuan (53) yang terdeteksi dari hasil uji swab massal pada 28 Mei.

"Ya dari pasar tradisional. Kemarin hasilnya keluar, positif. Jadi totalnya ada 13 pasien yang positif," kata Nanan.

Selain itu, pada Kamis (28/5) lalu, dua pedagang Pasar Sumber Cirebon juga terinfeksi Corona. Keduanya menjalani isolasi di rumah sakit. Petugas telah menutup Pasar Sumber hingga 14 hari ke depan sejak Jumat (29/5). Selain itu, petugas juga melakukan swab massal terhadap ratusan pedagang pasar lainnya.

(bbn/bbn)