Buaya Penghuni Sungai Cimandiri Menampakkan Diri Lagi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 21:50 WIB
Buaya Muara di Sungai Cimandiri Sukabumi
Buaya di Sungai Cimandiri Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Buaya penghuni muara Sungai Cimandiri, Sukabumi, kembali menampakkan diri. Beda dengan sebelumnya, buaya muara yang terekam kamera warga kali ini berkulit kuning kecoklatan.

Warga merekam buaya itu tengah berjemur di gundukan kerikil dan pasir hasil tambang. "Buaya itu sering terlihat mendekati alat berat backhoe saat kita sedang beraktivitas. Orang yang ambil pasir juga tidak merasa resah atau terganggu," kata Dede Lohnes, operator alat berat yang biasa beroperasi mengeruk pasir pasang di sekitar muara Cimandiri, kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Buaya yang disebut Dede berwarna kuning kecoklatan itu tertangkap jepretan kameranya, Minggu (31/5). Karena merasa tidak berbahaya, Dede meminta siapapun yang melihat buaya untuk tidak mengganggunya.

"Kalau (buaya) buas pasti sudah terdengar ada kecelakaan atau warga yang diserang. Namun alhamdulillah sampai saat ini tidak mengganggu. Buaya biasa muncul dilokasi (gundukan) pasir," cerita Dede.

Dede yang beberapa tahun ini beraktivitas di sekitar tambang pasir menggunakan alat berat menduga buaya itu muncul karena tertarik dengan suara mesin pengaduk pasir.

"Sepertinya buaya itu suka sama suara mesin pengaduk pasir. Setiap bekerja dengan alat berat yang saya operasikan, sering terlihat akhir-akhir ini," ucapnya.

Ia yang setiap hari bekerja di lokasi memastikan hanya melihat dua ekor saja. Dede tidak bisa memastikan apakah kedua buaya tersebut merupakan pasangan.

"Untuk jumlah yang pernah saya lihat ada dua ekor, satu warna hitam dan yang satu warna kekuningan," kata Dede.

(sya/bbn)