Jabar Hari Ini: 15 Daerah Masuk New Normal-Polisi Selidiki Penghina Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 21:47 WIB
Pemilik akun @IntelBuahbuahan yang diduga sebar hoaks soa Presiden Jokowi tengah diperiksa polisi di Mapolres Cianjur.
Pemilik akun @IntelBuahbuahan yang diduga sebar hoaks soal Presiden Jokowi tengah diperiksa polisi di Mapolres Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Polres Cianjur Tangani Kasus Penghina Jokowi

Akun Twitter @IntelBuahbuahan mem-posting tulisan hoaks soal Presiden Jokowi. Pemilik akun, EK (56), diamankan polisi. Kepada polisi, pria tersebut mengklaim akunnya diretas.

Warga Kampung Pasekon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, itu mengaku tidak pernah menulis materi hoaks berjudul 'JOKOWI TAK PERNAH LULUS UGM'. Ia baru menyadari adanya posting-an tersebut sehari setelahnya.

"Itu akun saya, tapi saya tidak tahu (posting-an) pak, akun saya di-hack," ujar EK saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Cianjur, Jumat (29/5/2020).

Dia mengaku baru tahu soal posting-an tersebut saat dirinya berada di Cengkareng, Jakarta Barat. "Ada notifikasi, komentar di salah satu posting-an saya. Ternyata ada posting-an tersebut," kata EK.

Kasat Reskrim Polres Cianjur AKP Niki Ramdhani mengatakan pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut terkait pengakuan EK tersebut. "Kita masih dalami dan cek, apakah benar (akun Twitter) di-hack atau hanya dijadikan alasan. Kita selidiki akunnya," ucap Niki.

Untuk sementara, kata Niki, pemilik akun tersebut tidak ditahan. EK hanya wajib lapor.

"Hanya wajib lapor, tidak ditahan. Karena Pasal 270 KUHP itu ancaman hukumannya (penjara) di bawah lima tahun. Tapi kami akan pantau terus pemilik akun tersebut, tidak hanya memeriksa posting-an di akunnya," tutur Niki.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4