Mal Buka Saat New Normal, Gubernur Banten: Belanja ke Warung Tetangga

Bahtiar Rifa - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 21:32 WIB
Poster
Ilustrasi new normal (Foto: Edi Wahyono)
Serang -

Gubernur Banten memiliki definisi sendiri soal wacana new normal karena pandemi Corona. Khusus soal pembukaan mal saat pandemi, ia justru menyarankan warga berbelanja di warung.

"Sebaiknya belanja ke warung tetangga, dibandingkan ke mal. Demi meminimalisir penyebaran Covid-19," kata Wahidin dalam keterangan kepada wartawan menyikapi wacana new normal dan operasional mal sebagaimana biasa, Serang, Banten, Kamis (28/5/2020).

Belanja di warung tetangga katanya mendukung usaha kecil menengah. Apalagi kondisi belum stabil akibat pandemi.

Soal new normal ia sendiri menyebutkan kebiasaan baru yang harus jadi budaya setelah wabah Corona. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah membentuk tatanan baru.

"Dulu orang belum pernah cuci tangan dan pakai masker, sekarang dibiasakan. Dulu bersalaman, sekarang harus jaga jarak," ujarnya.

Termasuk ketika mengunjungi keramaian, warga tentunya harus menggunakan protokol kesehatan, saling melindungi dan tidak menularkan penyakit. Kebiasan-kebiasan ini sudah ada di PSBB dan harus terus dilakukan konsisten oleh warga.

Tugas pemerintah, menurutnya melakukan kontrol dan pengawasan normal baru tersebut.

Untuk Banten sendiri, ia masih perlu mengevaluasi penyebaran Corona sebelum penerapan new normal. Apalagi belum ada penurunan jumlah kasus secara signifikan.

(bri/mud)