Disekat Petugas, Pemotor Malah Lewat Jalur Tikus Demi Ke Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 19:49 WIB
Warga Sukabumi lewat jalur tikus demi ke kawasan wisata Palabuhanratu
Warga Sukabumi lewat jalur tikus demi ke kawasan wisata Palabuhanratu (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Aksi bandel wisatawan melewati jalur tikus demi bisa mencapai tujuan ke Palabuhanratu disesalkan warga di kawasan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Warga menilai, aksi para pemotor itu merupakan tindakan tidak terpuji karena mengindahkan petugas penjagaan.

Sejumlah petugas kepolisian diketahui melakukan penyekatan menghalau wisatawan di Simpang Pos Elang di kawasan persimpangan arah Bogor menuju Cibadak dan Palabuhanratu.

Aksi kucing-kucingan itu terpantau di kampung Pamuruyan RT 002 RW 009, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (25/05/20).

"Itu di simpang Cikidang pos elang TMC pamuruyan Cibadak ada penyekatan oleh polisi, makanya kami lewat jalan kampung soalnya enggak bawa masker," kata seorang pemotor.

Salah seorang warga Kampung Pamuruyan membenarkan situasi tersebut, menurutnya jalur lintasan gang yang dilalui para pemotor itu berada di kawasan perkampungan dan memang biasa dijadikan jalur lintasan para pemotor.

"Biasanya juga ada yang melintas tapi tidak sebanyak ini, tadi saya sempat tanya ke mereka katanya di atas ada penyekatan makanya mereka melintas ke sini. Kebetulan ujungnya memang keluar di jalur lintasan Cikidang-Palabuhanratu," kata Sajidin Sidik, warga setempat.

Sajidin mengaku resah dengan ramainya situasi tersebut, namun ia tidak bisa berbuat apa-apa. "Resah si resah, tapi mau bagaimana lagi. Mau kita tutup ini kan masuknya jalan desa," pungkasnya.

Kepolisian diketahui memang ketat dalam mengawasi para pengendara yang berniat ke kawasan wisata di Palabuhanratu mengingat saat ini masih berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Sukabumi.

Jadi aksi yang dilakukan para pemotor itu bisa dibilang sia-sia meskipun lolos di jalur utara, mereka harus berhadapan kembali dengan titik penyekatan yang juga dilakukan di akses utama dan jalan tikus yang langsung tembus ke wilayah Palabuhanratu.

(sya/mud)