Pandemi Corona

Nelangsa Pedagang Oleh-oleh: Sepi Pembeli hingga Omzet Turun Drastis

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 13:53 WIB
Pedagang oleh-oleh
Pedagang oleh-oleh makanan di Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran para pedagang oleh-oleh di jalan tersebut meraup untung. "Kalau sekarang hanya cukup untuk makan. Bahkan, kalau kemarin-kemarin pada masih normal saya juga punya pegawai. Kalau sekarang saya sama anak jualannya," ujar Awah.

Karena Terminal Leuwipanjang pun tidak beroperasi seperti biasanya, tidak ada pemudik yang membeli oleh-oleh di toko miliknya. Tak hanya mengandalkan pemudik yang naik bus di Terminal Leuwipanjang, para pedagang mengandalkan pemudik yang melintas di Jalan Raya Soekarno Hatta dari Bandung menuju Cianjur-Sukabumi dan sebaliknya.

"Omzet turun Drastis," ucap Awah.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para UMKM, detikcom menggulirkan program 'Pulang Kampung Digital' ke Bandung, Selasa (22/5/2020). Selain bisa menyaksikan ngobrol bareng bersama artis hingga tokoh, kita bisa mendapatkan oleh-oleh dalam acara tersebut.

Oleh-oleh makanan itu diberi dari para pelaku UMKM di Kota Bandung. Tak hanya para pedagang oleh-oleh, para pelaku UMKM pun ikut terdampak. Seperti diketahui, makanan yang dijual di toko oleh-oleh milik Awah berasal dari para UMKM yang ada di Kota Bandung dan Jawa Barat.

Berikut harga tiket dan oleh-oleh makanan:

Pembeli tiket senilai Rp 150 Ribu akan mendapatkan oleh-oleh dalam bentuk: Sale Pisang Tipis, Basreng, Abon Oncom, Saroja, Brownies Kering

Pembeli Tiket senilai Rp 250 Ribu akan mendapatkan oleh-oleh dalam bentuk: Iket Sunda, Opak , Oncom Goreng Pedas Manis, Ranginang, Tempe Daun Jeruk, Muchy Kentang, Sale Pisang Utuh, Brownies Kering, Kacang Bandung, Basreng.

Pembeli Tiket senilai Rp 500 Ribu akan mendapatkan oleh-oleh dalam bentuk: Iket Sunda, Pangsi, Surundeng, Sale Pisang tipis, Muchy Moring 3 Varian, Tempe Cikur, Ranginang, Opak, Saroja, Kicimpring, Tempe Goreng Manis, Oncom Goreng Pedas Manis, Abon Oncom, Abon Ayam, Ping Ping Chip, Basreng, Kacang Bandung.


(wip/bbn)