Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Dideklarasikan Jadi Zona Integritas

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 04:58 WIB
Rektor Unpad canangkan FEB sebagai zona integritas
Foto: istimewa
Bandung -

Universitas Padjadjaran (Unpad) mendeklarasikan pencanangan kampus sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, ada 14 PTN yang disiapkan untuk membangun Zona Integritas pada tahun 2020, termasuk salah satunya Unpad.

"Unpad mendukung inisiatif pemerintah khususnya MenparRB dan Dikti untuk menjadikan kampus PTN kawasan Zona Integritas sehingga diharapkan mendapatkan predikat WBK dan WBBM," kata Rektor Unpad Rina Indiastuti melalui keterangan resminya, Rabu (19/5/2020).

Untuk tahap awal, kata Rina, fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akan dicanangkan jadi zona integritas dan berikutnya akan dilanjut bagi fakultas-fakultas lain.

Sementara itu, Dekan FEB Unpad Yudi Azis menyambut baik usulan agar kampus FEB menjadi kawasan pertama di kampus Unpad yang dicanangkan menjadi zona integritas.

"Kami di FEB merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari Ibu Rektor menjadi fakultas pertama yang ditargetkan mendapatkan predikat WBK dan WBBM pada tahun ini. Kami sudah menyiapkan program kerja dan juga kepanitiaan yang akan bekerja keras mewujudkan harapan ini," kata Yudi.

Sesuai dengan PermenparRB No 10 Tahun 2019, WBK dan WBBM sebagai bagian zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja atau kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan kualitas layanan publik.

Dalam menaati aturan PSBB yang masih berlaku akibat pandemi COVID-19, mayoritas peserta mengikuti pencanangan ini secara daring. Secara fisik, hanya sebagian kecil yang hadir di kampus Unpad Dipatiukur.

(ern/ern)