Aksi Vandal 3 Pemuda Banjar, Polisi Sita Buku Karya Tere Liye

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 16:00 WIB
Tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar
Polisi menangkap tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar. (Foto: Istimewa)

Selain itu, polisi menyita 37 lembar pamflet bertuliskan 'Kapitalisme Adalah Virus' yang diduga hendak disebar dan ditempel di sudut-sudut kota. "Ada sejumlah barang bukti yang diamankan. Termasuk beberapa literasi ini," kata Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana, Senin (13/4/2020).

Penangkapan ini bermula dari munculnya coretan-coretan dinding bernada provokatif di Jalan Husen Kartasasmita, Jalan Gudang, Jalan Dewi Sartika dan kantor Desa Jajawar Kota Banjar. Kalimat-kalimat yang mereka tulis dengan cat semprot tersebut membuat resah. Kalimatnya serupa dengan kelompok gerakan Anarko Sindikalisme, yaitu 'Kill The Rich', 'Feed The Poor', 'Corona vs Everybody, Pemerintah k*****, Rakyat Kuasa'.

Ketiga tersangka saat ini ditahan polisi dan masih menjalani pemeriksaan intensif. Sebelum ditahan polisi juga melakukan pemeriksaan medis terkait COVID-19 dan pemeriksaan penggunaan narkoba. Atas perbuatannya itu, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Ancaman hukumannya paling lama 10 tahun penjara.

Selain itu, polisi juga menjerat mereka dengan Pasal 160 juncto Pasal 207 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama enam tahun penjara.

Halaman

(bbn/bbn)