Pencarian 2 Remaja Tenggelam di Palabuhanratu Terkendala Cuaca Buruk

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 19:08 WIB
Petugas lakukan pencarian dua remaja yang tenggelam di Palabuhanratu
Foto: Petugas lakukan pencarian dua remaja yang tenggelam di Pantai Palabuhanratu (Istimewa).
Sukabumi -

Proses pencarian dua remaja asal Bogor yang hilang tenggelam saat berenang di Pantai Palabuhanratu terhambat cuaca buruk dan ombak tinggi di sekitar lokasi. Operasi SAR gabungan terpaksa dihentikan dan dilanjutkan besok.

Koordinator Pos SAR Basarnas Faber Sinaga menyebut pencarian dilakukan melibatkan dua regu dan melibatkan sejumlah relawan. "Hari ini pencarian dilakukan 2 SRU, ada yang memantau secara visual dan melakukan pencarian menggunakan perahu karet menyisir sekitar lokasi," kata Faber kepada detikcom, Jumat (10/4/2020).

Menurut Faber ombak di lokasi memang terpantau kurang bersahabat sehingga menyulitkan timnya dalam proses pencarian. "Kami bersama Polair, teman-teman relawan di lokasi melakukan pencarian. Namun memang saat ini kondisi ombak kurang bersahabat sehingga membahayakan tim pencari," ujarnya.

Sementara itu, Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR melalui rilis yang diterima detikcom menjelaskan tim rescue terbagi menjadi dua tim.

"Membagi area pencarian menjadi dua dimana SRU pertama melakukan penyisiran menggunakan rubber boat di sekitar lokasi kejadian dengan radius 0.5 Nm dan SRU kedua melakukan pencarian visual dari lokasi kejadian Sejauh 1.6 KM," kata Hendra.

Tim SAR sendiri dijelaskan Hendra, baru mendapat informasi terkait dua remaja tenggelam tadi siang.

"Kita terima informasi terkait korban tenggelam di wilayah Pelabuhanratu dari aparat setempat siang tadi dan langsung kita turunkan tim rescue dari Pos SAR Sukabumi menuju lokasi kejadian untuk melakukan operasi SAR juga tim rescue yang bertugas di lapangan agar selalu menerapkan protokol dan prosedur pencegahan terhadap COVID-19 pada saat operasi SAR," tegas Hendra.

Sebelumnya diberitakan, Farel (13) dan Roby (16) keduanya asal Bogor sengaja datang ke Palabuhanratu bersama belasan temannya sekitar pukul 02.00 WIB, Jumat (10/4/2020). Keduanya kemudian hilang saat berenang di Pantai Karangsari, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keduanya diketahui berenang di sekitar area pantai pukul 03.00 WIB.

(sya/mso)