Masa Belajar di Rumah Siswa Kota Cirebon Diperpanjang hingga 29 Mei

Sudirman Wawad - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 17:22 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (I Wahyono/detikcom).
Cirebon -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon memperpanjang masa belajar di rumah hingga 29 Mei mendatang. Perpanjangan masa belajar di rumah ini dilakukan karena penyebaran virus Corona atau COVID-19 belum menunjukkan adanya penurunan.

"Work from home (WFH) dan masa belajar di rumah diperpanjang dari mulai 14 April hingga 29 Mei mendatang," kata Kepala Disdik Kota Cirebon Irawan Wahyono dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (10/4/2020).

Irawan mengatakan perpanjangan masa belajar di rumah tersebut sesuai dengan surat edaran Wali Kota Cirebon. "Perpanjangan masa belajar di rumah diambil setelah mempertimbangkan sejumlah hal, di antaranya penyebaran COVID-19 yang hingga kini belum menunjukkan tanda penurunan," kata Irawan.

Irawan berharap seluruh guru, pelajar, tenaga administrasi dan lainnya benar-benar menerapkan social dan physical distancing. Irawan juga meminta pihak sekolah menerapkan piket, tujuannya agar tetap membuka pelayanan publik seperti pengambilan ijazah dan lainnya.

"Pengaturan piket secara proporsional, atau paling banyak 30 persen dari jumlah guru, tenaga kependidikan dan karyawan. Selain sebagai pelayanan publik, ini juga untuk memelihara aset sekolah. Tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menerbitkan surat edaran terkait perpanjangan masa belajar di rumah bagi pelajar. Termasuk perpanjangan aktivitas bekerja di rumah bagi aparatur sipil negara (ASN).

"Sebelumnya itu berakhir sampai 29 Maret besok. Karena situasi dan kondisinya seperti ni, maka diperpanjang hingga 14 hari ke depan," kata Azis melalui keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (28/3/2020).

Azis menerangkan ketentuan tentang proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dilanjutkan seperti sebelumnya, seperti sistem tugas melalui online atau lainnya. Azis juga meminta orang tua untuk lebih ketat mengawasi anak-anaknya. Sebab, lanjut Azis, sejatinya perpanjangan masa belajar di rumah ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Mulai 13 April TVRI Siarkan Materi Belajar dari Rumah:

(mso/mso)