Damkar Purwakarta Evakuasi Ular Sanca 2,5 Meter di Atas Tiang Listrik

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 18:44 WIB
Petugas evakuasi ular di Purwakarta
Foto: Petugas Diskar PB Purwakarta evakuasi ular dari tiang listrik (Dian Firmansyah/detikcom).
Purwakarta -

Seekor ular jenis sanca melilit di atas tiang listrik di jalur arteri Munjul Jaya, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta. Ular yang memiliki panjang 2,5 meter tersengat listrik hingga menimbulkan percikan listrik.

"Saya yang pertama ngelihat, itu apa ada percikan di kabel tiang listrik, pas dilihat ular besar nyangkut di tiang," kata Saeful salah seorang saksi mata, Rabu (08/04/2020).

Khawatir terjadi kebakaran, Saeful lantas melaporkan penemuan ular ini ke pihak PLN dan Damkar. Adanya ular melilit di tiang listrik membuat heboh warga setempat. Tak sedikit warga yang mengabadikan kejadian unik tersebut.

"Ini baru pertama kali. Untung ketahuan, saya khawatirnya masuk ke rumah," ucap Saeful saat ditemui di lokasi.

Tidak lama berselang petugas PLN datang ke lokasi untuk melakukan penanganan bersama petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta.

"Kami bekerja sama antara PLN dan Rescue, kesulitannya karena petugas di lapangan harus korlordinasi dengan petugas operator listrik. Ini kan ada listriknya jadi supaya aman kita matikan dulu. Kalo evakuasinya cuma sebentar paling 15 menit," ucap petugas Rescue, Diskar PB Rijal.

Kondisi ular cukup lemah dan ada bekas luka, itu terjadi karena badan ular tersengat listrik. Rencananya ular ini akan diberikan kepada komunitas reptil atau dilepasliarkan ke hutan.

(mso/mso)