Cerita Warga Sukabumi Rumahnya Terendam Banjir-Dikepung Sampah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 22:08 WIB
Warga Sukabumi kaget rumahnya terdam banjir dan terkepung sampah luapan sungai
Warga Sukabumi kaget rumahnya terdam banjir dan terkepung sampah luapan sungai (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Ukat Sukatma (62) warga Kampung Babakan Anyar, RT 03 RW 09, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak kaget bukan main ketika tiba-tiba rumahnya terendam luapan air sungai cicatih yang membawa serta material sampah plastik.

Menggunakan kayu panjang, pria itu terlihat kepayahan menjauhkan material sampah plastik bercampur lumpur dan genangan air yang terus merangsek masuk ke dalam tempat tinggalnya.

Hujan yang merata terjadi sejak sore hingga malam tadi di Kabupaten Sukabumi membuat air sungai meluap 'memuntahkan' material sampah hingga ke pemukiman warga.

"Ini ada bekas styrofoam, botol air mineral semuanya terbawa air yang meluap setelah hujan sejak sore sampai malam," tutur Ukat, Senin (6/4/2020).

Ukat menuturkan ia dan keluarganya terpaksa menyelamatkan diri saat air terus meluap hingga sebetis orang dewasa. Beberapa warga terlihat berkumpul di lokasi tidak jauh dari luapan air, mengawasi ketinggian air. Ukat menuturkan, kejadian banjir hingga meluap ke pemukiman bukan pertama kali ia dan tetangganya alami.

"Ini sudah terjadi kesekian kalinya, kalau saya dan keluarga tidak punya pilihan. Inginnya dievakuasi ke tempat yang layak agar tidak terkena banjir terus setiap air sungai meluap pasti bawa sampah terbawa dari hulu ke hilir," lirihnya.

Ukat juga mengungkap air juga menggenangi ruang tamu serta teras depan milik tetangganya bernama Rifal, Hendirk dan Kosasih. Ia bersama tetangganya yang terdampak memilih untuk meninggalkan rumah hingga hingga air benar-benar surut.

"Sementara cari tempat aman dulu, ngungsi ke mana saja asalkan jauh dari lokasi," lirihnya.

Pantauan detikcom, saat ini pemerintah desa dan Muspika Kecamatan Cibadak serta relawan BPBD masih meninjau dan mendata di lokasi bencana.

(sya/mud)