Dramatis! Petugas Evakuasi Wanita Tertimbun Jembatan Ambruk di Purwakarta

Dian Firmansyah - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 22:34 WIB
Petugas wvakuasi korban tewas yang tertimbun jembatan ambruk di Purwakarta
Petugas mengevakuasi jasad wanita yang tertimbun jembatan ambruk di Purwakarta. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Purwakarta -

Petugas mengevakuasi satu korban tewas yang tertimbun jalan ambruk di Desa Cijunti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Puluhan petugas gabungan tim SAR, TNI dan Polri butuh waktu dua jam untuk mengevakuasi jasad wanita itu. Dramatis!

"Korban yang tertimbun sudah dinyatakan meninggal, sudah berhasil kami evakuasi. Tadi evakuasi sekitar dua jam prosesnya," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan di lokasi kejadian, Jumat (3/4/2020).

Kondisi medan yang tidak memungkinkan menggunakan alat berat, membuat petugas secara manual dan menggunakan alat seadanya untuk proses evakuasi. Sejumlah petugas turun ke bawah dengan diikat tali mengantisipasi adanya longsor susulan.

Sementara untuk mengangkat korban yang tertimbun, petugas menggali material tanah di kolong bongkahan beton yang ambruk tanpa merubah posisi beton. Setelah sebagian tubuh terlihat, jasadnya perlahan dievakuasi petugas. Korban bernama Rohayati (44), warga Cihambulu, Subang, Jawa Barat.

Jasad Rohayati dimasukkan dalam kantung jenazah dan dibawa tim identifikasi Polres Purwakarta ke rumah sakit untuk pemeriksaan. "Untuk korban seluruhnya ada empat, tiga orang selamat dan satu orang tadi jasadnya dievakuasi," ucap Indra.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang terjun ke lokasi kejadian akan meminta ke pihak peneliti jembatan untuk dilakukan pengkajian kelaikan jembatan. "Saya akan meminta bantuan ke peneliti jembatan untuk dikaji. Ketika sudah ada rekomendasi dari peneliti, baru akan dilakukan pengerjaan perbaikan. Untuk sementara jalan ini ditutup total," ucap Ambu Anne, sapaannya.

(bbn/bbn)