Pandemi Corona, Toko Modern di Bandung Harus Tutup Pukul 20.00

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 14:48 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi kasus Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung mengevaluasi kembali pembatasan jam operasional pasar tradisional dan modern untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Sekadar diketahui, Surat Edaran yang dikeluarkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung pada Senin (31/4), jam operasional pasar tradisional berlangsung pukul 04.00-14.00 WIB dan pasar modern pukul 10.00-18.00 WIB.

"Kami sudah mengeluarkan pembatasan jam operasional untuk pasar tradisional dan modern. Dengan melihat perkembangan dan kondisi di lapangan, banyak masukan kepada kami, ini sudah saya laporkan kepada pak wali kota dan pak sekda, tadi malam kami keluarkan surat baru meralat surat sebelumnya dengan berbagai pertimbangan," kata Disdagin Kota Bandung Elly Wasilah di Pendopo Kota Bandung, Jumat (3/4/2020).

Untuk jam buka tetap sesuai dengan surat edaran sebelumnya, namun untuk jam tutup ada penambahan waktu. "Jam operasionalnya dievaluasi sesuai masukan dari pedagang dan pengusaha ritel, pasar tradisional menjadi pukul 04.00-18.00 WIB dan pasar modern pukul 10.00-20.00 WIB," tutur Elly.

Banyaknya masukan dari berbagai pihak, menurut dia, maka pembatasan jam operasional tersebut harus dievaluasi. Salah satunya soal pasar tradisional yang aktivitasnya ramai oleh konsumen pada sore hari.

Elly menuturkan untuk pembatasan jam operasional ini ada pengecualian bagi minimarket yang ada di rumah sakit, SPBU dan rest area. "Kasihan penunggu pasien butuh makanan itu yang jadi pengecualian," ucap Elly.

(wip/bbn)