ODP Corona di Kabupaten Tangerang Akan Dikarantina di Wisma Anabatic

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 22:11 WIB
ODP Corona di Tangerang Akan Dikarantina di Wisma Anabatic Kelapa Dua
(Foto: Dokumentasi Pemkab Tangerang)
Tangerang -

Warga berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) Corona di Kabupaten Tangerang dilakukan karantina di Griya Anabatic di daerah Kelapa Dua. Gedung ini bisa menampung 100 orang untuk pasien dan 120 tenaga medis.

"Pasien akan ditampung di Griya Anabatic ini ialah Orang dalam Pemantauan (ODP) Covid-19," kata Zaki dalam keterangan di Tangerang, Banten, Kamis (2/4/2020).

Masyarakat di sekitar wisma ini diharapkan tidak khawatir dan panik. Lokasi gedung dibawah pengamanan ketat sehingga aman bagi warga sekitar. Ia juga meminta warga sekitar untuk menerapkan social distancing dan menghindari kontak fisik.

Dalam keterangan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tangerang Heri Heriyanto mengatakan wisma ini khusus ODP dan bukan untuk Pasien dalam Pengawasan (PDP). Pelru ada standar kesehatan untuk menyiapkan ruangan untuk kategori PDP Corona.

"Yang ditempatkan hanya ringan ringan dan sedang, kalau PDP ada standar khusus dari kesehatan," ujarnya.
Karantina ODP sendiri akan ditempatkan di lantai 3 dan 4 dengan 100 kamar. Kamar berukuran 3x6 meter dengan fasilitas penunjang di dalamnya.

Sementara, tenaga medis akan ditempatkan di lantai 1. Lantai 2 tidak digunakan karena sebagai pembatas jarak antara tenaga medis dan pasien yang dikarantina. Lantai 4 bisa digunakan sebagai lokasi untuk berjemur pasien di bawah terik matahari.

(bri/mud)