Banjir dan Longsor Terjang Kota Cimahi, Ratusan KK Terkena Dampak

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 12:48 WIB
Banjir di Cimahi
Foto: Banjir di Cimahi (Istimewa).

Selain banjir, hujan juga menyebabkan longsor di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, dengan ketinggian tebing yang longsor sekitar 12 meter dan lebar 20 meter. Tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut, namun 1 rumah terancam.

Di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, longsor terjadi akibat tembok penahan tanah (TPT) yang ambruk. Namun lokasi longsor yang jauh dari permukiman tak sampai mengancam jiwa maupun rumah warga.

"Untuk ambruknya TPT itu sebetulnya sekaligus menyebabkan longsor di lahan bagian belakang perumahan Pancanaka Hill. Tapi jauh dari permukiman, dan saat ini akan ditangani," bebernya.

Kejadian terakhir yakni adanya benteng pembatas antara rumah warga dengan bangunan Yayasan Budi Luhur. Akibat ambruknya benteng tersebut, rumah milik Heri (50), warga setempat mengalami kerusakan.

"Benteng itu ambruk karena ada ketidaksesuaian konstruksi ditambah guyuran hujan deras. Benteng kemudian ambruk menimpa bagian rumah milik warga, tapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Saat ini sedang dalam penanganan," terangnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat hujan deras mengguyur Kota Cimahi. "Kami imbau masyarakat berhati-hati saat hujan deras, karena khawatir bisa terjadi banjir maupun longsor susulan. Personel kami terus melakukan patroli mengantisipasi bencana hidrometeorologi," tandasnya.

selanjutnya
Halaman

(mso/mso)