Cegah Corona, Pasar di Cimahi Pakai Tusuk Gigi untuk Pencet Tombol Lift

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 22:04 WIB
Tusuk gigi di Pasar Cimahis
Foto: Pengelola pasar di Cimahi siapkan tusuk gigi untuk tekan tombil lift (Istimewa).
Cimahi -

Pengelola Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi menempatkan sejumlah tusuk gigi pada styrofoam di dekat tombol lift pasar tersebut. Tusuk gigi tersebut disiapkan untuk memencet tombol lift.

Pihak pengelola memang sengaja menempatkan tusuk gigi di lokasi tersebut. Pasalnya pihak pengelola pasar kehabisan hand sanitizer.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi Teja Dahliawati mengatakan penempatan tusuk gigi tersebut hanya sementara sebagai ganti hand sanitizer yang belum diisi ulang.

"Iya hanya sementara saja, jadi tusuk gigi itu untuk memencet tombol lift. Karena kan benda-benda yang dipegang tangan banyak orang itu berpotensi sebagai sarana penularan Corona Virus," ujar Teja saat dihubungi, Minggu (29/3/2020).

Saat ini, pihaknya bersama pengelola pasar masih menunggu datangnya stok hand sanitizer yang mengalami keterlambatan dan keterbatasan stok.

"Sudah pesan sebetulnya, tapi memang stoknya terbatas. Kalau kali ini alasannya terlambat pengirimannya. Nanti kalau sudah ada tusuk giginya akan dicabut lagi," terangnya.

Pasar tradisional sendiri berpotensi menjadi tempat penyebaran Corona Virus karena aktivitas masyarakat yang kurang higienis dan terus terjadi kontak fisik tanpa mengindahkan social distancing.

Saat ini, selain menempatkan hand sanitizer, Pemerintah Kota Cimahi sendiri melakukan upaya pencegahan dengan menyemprotkan disinfektan dan membatasi jam operasional pasar.

"Untuk pasar kita batasi operasionalnya, ada yang dari jam 4 pagi sampai jam 12 siang. Ada juga dari jam 3 pagi sampai jam 12 siang. Batasnya sampai jam 12 siang, tidak boleh lebih dari itu," tegasnya.

(mso/mso)