Belajar di Rumah untuk Siswa Kabupaten Bandung Diperpanjang

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 23:43 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Kabupaten Bandung -

Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung memperpanjang masa belajar di rumah hingga 11 April 2020. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

"Memperpanjang masa belajar dan mengajar di rumah bagi peserta didik dan tenaga pendidik/ guru, PAUD/TK, SD, SMP, LKP, LPK, dan PKBM sampai dengan 11 April 2020," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana, Sabtu (28/3/2020).

Proses belajar nantinya dilaksanakan melalui pembelajaran daring. Diharapkan aktivitas pembelajaran di rumah dapat bervariasi dengan memperhatikan kondisi masing-masing sekolah.

Juhana pun menyarankan agar guru tidak fokus pada kurikulum melainkan lebih fokus pada pendidikan kecakapan anak, baik itu mengenai virus Corona dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Belajar di rumah ini dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan anak mengenai virus Corona, soal PHBS, yang mana tidak melupakan pendidikan karakter dan pendidikan keluarga," ucap Juhana.

Selain itu, terkait dengan kelulusan siswa, Disdik Kabupaten Bandung dalam surat edarannya menjelaskan, ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio, nilai rapor, prestasi yang diperoleh siswa, penugasan, tes daring atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Juhana menegaskan, kebijakan ini bukan untuk menekan siswa dan guru melainkan untuk menjaga keselamatan dari virus Corona. "Ini demi menjaga siswa dan guru dari virus Corona, kita fokus pada kesehatan rohani dan jasmani mereka dulu," tutur Juhana.

(bbn/bbn)