Dua Rumah Rusak di Bandung Barat Akibat Gempa M 3,7 Cianjur

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 00:25 WIB
Ilustrasi gempa
Foto: Ilustrasi/AFP
Bandung Barat -

Dua rumah di wilayah Kabupaten Bandung Barat dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa dengan magnitudo 3,7 yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat. Rumah-rumah tersebut mengalami rusak ringan hingga sedang.

Berdasarkan data yang didapat, gempa dengan kekuatan magnitudo 3,7 menguncang wilayah Cianjur pada Rabu (11/3/2020) sekitar pukul 21.41 WIB. laporan kerusakan akibat goncangan ini. Berdasarkan situs BMKG, pusat gempa berada di darat 22 Km Timur Laut Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 2 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Guncangan akibat gempa tersebut terasa hingga Cikalong Wetan, Cipatat, dan Cipeundeuy wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan informasi, 2 rumah di Kecamatan Cikalong Wetan mengalami kerusakan skala ringan hingga sedang akibat gempa tersebut.

Kerusakan tersebut menimpa rumah milik Rahmat, warga Kampung Cijamur RT 02 RW 13, Desa Puteran, Kecamatan Cikalongwetan, KBB dengan kondisi rusak ringan.

Kerusakan lainnya terjadi pada rumah milik Tarman, warga RT 01 RW 13, Desa Puteran, Kecamatan Cikalongwetan KBB dengan kondisi rusak sedang

"Betul akibat gempa ada dua rumah yang mengalami rusak ringan dan rusak sedang. Sekarang kami sedang melakukan assessment," ujar personel BPBD KBB, Ceceng Sukandi, saat dihubungi, Rabu (11/3/2020).

Pihaknya mengimbau agar masyarakat agar waspada mengantisipasi adanya gempa susulan. "Tetap waspada dan jangan terlalu lelap," ujarnya.

Imbas Gempa M 5 di Sukabumi, Rumah-rumah di 3 Kecamatan Rusak:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)