ASN Bandung Barat yang Didakwa Terima Suap Diberhentikan Sementara

Wisnu Pradana - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 21:09 WIB
Ilustrasi korupsi
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono)
Bandung Barat -

Pejabat Dinas Arsip dan Perpustakaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, yang terjerat kasus korupsi perekrutan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) resmi diberhentikan sementara.

Tatang Sudrajat, Kepala Bidang Kearsipan dan Perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan KBB, terbukti menerima uang sebesar Rp 25 juta dari pelamar tenaga kontrak bernama Bayu.

Dia didakwa melakukan perbuatan melawan hukum dengan menyalahgunakan kekuasaan. Kasus ini telah disidangkan di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung, Rabu (26/2/2020).

Kasubbid Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Yunita Nur Fadilla, mengatakan pemberhentian sementara itu berlaku sampai adanya keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

"Betul diberhentikan sementara. Nanti akan ada pemberitahuan dari bagian hukum Setda kalau sudah ada keputusan tetap," kata Yunita saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (27/2/2020).

Untuk saat ini pejabat tersebut masih mendapat gaji pokok sebesar 50 persen. Sedangkan untuk tunjangan jabatan dan tunjangan lainnya sudah dihentikan.

"Karena statusnya masih pemberhentian sementara diberikan 50 persen dari gajinya. Tapi kalau dinyatakan tidak bersalah nanti kita rapel," tuturnya.

Pejabat yang bersangkutan akan mendapatkan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) jika dinyatakan bersalah lantaran telah melanggar aturan ASN.

"Saat ini kita masih nunggu salinan putusan dulu, tapi kalau sudah vonis juga kita enggak tahu apakah ada upaya hukum berikutnya atau tidak," katanya.

(mso/mso)