Kasumedangan, Batik Khas Sumedang

Muhamad Rizal - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 22:48 WIB
Batik Kasumedangan
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang Harry Tri Santosa membentangkan batik Kasumedangan. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)

Harga batik Kasumedangan yang diproduksinya bervariasi. Nilai harga berdasarkan jenis kain dan teknik pembuatannya. Batik cetak dibanderol Rp 75 ribu-Rp 200 ribu. Sedangkan batik lukis, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 3.5 juta per 2 × 2,5 meter.

Pengembangan batik Kasumandangan tengah dibidik Enur. Salah satunya memanfaatkan toko online. "Inginnya, ke depan itu pemasarannya bisa lewat online. Kalau selama ini, yang membeli datang langsung ke sanggar," tutur Enur.

Saat ini di Sumedang ada empat perajin batik Kasumedangan. Mereka tersebar di Kecamatan Tanjungsari, Pamulihan, Sumedang Selatan, dan Conggeang.

Pemkab Sumedang berjanji membantu mengembangkan pemasaran batik khas tersebut dan menjadikan produk unggulan Sumedang. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang Harry Tri Santosa segera berkoordinasi dengan Diskoperindag Sumedang untuk memberikan pelatihan pemasaran melalui online.

Pemkab Sumedang turut menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk memasarkan batik Kasumedangan. "Kami akan coba bantu pemasarannya. Akan kami koordinasikan dengan PHRI juga agar nantinya, tiap pengusaha hotel dapat membantu pemasarannya. Kami juga sudah bekerja sama dengan media daring agar semua produk Sumedang ini bisa dijual melalui online," tutur Harry.

selanjutnya
Halaman

(bbn/bbn)