Unak Anik Jabar

Konon, Tebang Pohon Bungur di Ciamis Ini Bisa Meninggal Mendadak

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 22:45 WIB
Pohon Mistis di Ciamis
Pohon bungur di Dusun Puncakasih ini tidak ada yang berani menebang. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Legenda urban di Kabupaten Ciamis masih melekat dirasakan sebagian warga. Contohnya di Dusun Puncakasih, Kampung Puncakasih, Desa Cisadap. Ada sebuah pohon yang sejak lama tak ada yang berani menebang. Konon, mitosnya bila ada yang berniat menebang akan meninggal dunia mendadak.

Percaya atau tidak, warga di dusun tersebut hingga kini tak ada yang berani menebang pohon bungur itu. Pohon bungur banyak ditemukan di pinggir jalanan Ciamis sebagai peneduh jalan. Pohon bungur memiliki batang kayu yang kokoh, saat berbunga terlihat indah dengan warga dominan ungu sedikit condong ke arah warna merah muda.

Namun di balik keindahan pohon tersebut, ada satu pohon bungur yang memiliki cerita mistis. Pohon bungur di Dusun Puncakasih ini berdiri cukup tinggi di sekitar permukiman padat penduduk, di sampingnya terdapat selokan dan kolam ikan warga.

Cerita legenda urban ini dibenarkan oleh Kepala Desa Puncakasih Momo (52). Sejak ia kecil, pohon tersebut berdiri kokoh.

"Mungkin pohon ini sudah puluhan atau ratusan tahun, karena sejak saya kecil sudah ada tingginya sudah segitu," kata Momo, Selasa (18/2/2020).

Konon, Tebang Pohon Bungur di Ciamis Ini Bisa Meninggal MendadakPohon bungur di Dusun Puncakasih ini tidak ada yang berani menebang. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Momo bercerita, pada tahun 90-an, ada sejumlah warga sekitar yang meninggal secara mendadak dalam kurun waktu beberapa hari. Warga tersebut ialah para buruh yang ditugaskan untuk menebang pohon.

Kala itu rencananya ada pembangunan rumah di sekitar pohon. Alasan pohon itu akan ditebang karena khawatir tumbang sewaktu-waktu.

Selanjutnya
Halaman
1 2