Jasa Marga-BBWS Sedot Genangan Diduga Penyebab Longsor Tol Cipularang

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 21:56 WIB
Jasa Marga-BBWS berupaya menyedot air di longsoran tol Cipularang
(Foto: Whisnu Pradana) Jasa Marga-BBWS berupaya menyedot air di longsoran tol Cipularang
Bandung Barat -

Jasa Marga dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terus melakukan upaya penyedotan genangan air di Jalan Tol Cipularang KM 118+600 A.

Penyedotan tersebut sebagai penanganan dan mengeliminasi potensi longsor susulan di pinggir ruas jalan Tol Purbaleunyi KM 118+600 B.

Genangan tersebut disinyalir menjadi penyebab longsor yang menerjang permukiman warga di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020) malam.

Penyedotan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dengan menggunakan 5 mesin dengan kapasitas masing-masing mesin 90 liter per detik.

Saat ini proses penyedotan terus dilakukan kendati hujan mengguyur. Air dari genangan sawah dialirkan ke saluran sementara dengan arah menjauhi titik longsor yang telah dibuat petugas lapangan.

"Penyedotan sudah dilakukan sejak hari rabu kemarin, memang cukup banyak volume airnya. Sampai saat ini penyedotan masih terus dilaksanakan," ujar Asep, petugas BBWS Citarum, saat ditemui di lokasi, Senin (17/2/2020).

Pihaknya mengaku kesulitan saat melakukan pengeringan permukaan sawah dari genangan air tersebut yakni sampah yang menyumbat mesin pompa.

"Karena banyak sampah, ranting, dan dedaunan jadi kadang menyumbat pompa. Kendalanya hanya itu saja, selebihnya lancar," jelasnya.

Tak hanya penyedotan, Jasa Marga dan BBWS juga melakukan pengerukan sedimen genangan mengerahkan 3 unit ekskavator agar tidak menyumbat gorong-gorong yang hingga saat ini masih terkubur dan belum ditemukan ujungnya.

"Jadi air dari genangan ini merembes ke tanah karena tidak mengalir. Harusnya mengalir melalui gorong-gorong tapi tersumbat. Kita masih terus cari posisi gorong-gorongnya, biar bisa dijebol sumbatannya," kata Humas Jasa Marga, Nandang Elan.

Di titik longsor, Jasa Marga juga melakukan pembersihan material sisa lumpur yang masih mengendap di lahan sawah dekat permukiman warga.

(mud/mud)