Sungai Cisanggarung Meluap, 4 Kecamatan di Cirebon Terendam Banjir

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 14:07 WIB
Banjir di Kabupaten Cirebon
Banjir di Kabupaten Cirebon (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Sedikitnya Empat kecematan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cisanggarung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon Dadang Suhendra menyebutkan empat kecamatan yang terendam banjir yakni Pasaleman, Ciledug, Babakan dan Losari.

"Ada empat kecamatan, totalnya delapan desa. Sekitar 3.000 rumah yang terdampak, ini terdampak ya bukan rusak," kata Dadang kepada detikcom, Senin (17/2/2020).

Lebih lanjut, Dadang mengatakan ketinggian air yang merendam empat kecamatan itu bervariatif dari 20 sentimeter hingga 1 meter. Namun, lanjut Dadang, air yang merendam ribuan rumah warga itu sudah mulai surut.

"Ya karena meluapnya Sungai Cisanggarung dan beberapa sungai lainnya. Selain itu, dari data kita ada juga tanah tanggul yang dimanfaatkan untuk pembuatan bata," kata Dadang.

Terpisah, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan masyarakat yang terdampak banjir memilih enggan dievakuasi. Sehingga, pihaknya tak membuka posko evakusi.

"Warga memilih di rumahnya, air mulai surat. Seperti di blok Pon dan Pahing Desa Losari Lor ini. Kita juga mendata bantuan yang dibutuhkan ke rumah-rumah warga," katanya.

Simak Video "Bima Arya: Banjir Bukan Urusan Personal Leadership"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)