Strategi Bupati Rudy Lepas Garut dari Predikat Daerah Tertinggal

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 13:52 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan
(Foto: Hakim Ghani) Bupati Garut Rudy Gunawan
Garut -

Pemkab Garut menyusun strategi agar lepas dari predikat daerah tertinggal. Di usia yang menginjak 207 tahun ini, Pemkab berambisi membawa Garut lebih maju lagi.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut, dalam lima tahun ke depan, Garut ditargetkan akan lebih maju dan bisa bersaing dengan daerah lain.

"Kita sudah siapkan perencanaan yang saya pikir sudah sangat baik dan bermanfaat bagi warga kami. Sekarang tinggal implementasinya," ujar Rudy kepada wartawan selepas upacara peringatan Hari Jadi Garut ke-207 di Lapangan Otista, Senin (17/2/2020).

Di mulai tahun ini, sambung Rudy, pihaknya akan merealisasikan sejumlah program yang sebelumnya sudah direncanakan. Transparansi publik disebut Rudy akan menjadi kunci kemajuan Garut.

"Dulu saya kan dapat warisan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang rendah. Agar Garut tidak tertinggal lagi, transparansi publik harus ditingkatkan," kata dia.

IPM memang selalu menjadi sorotan pemerintah tiap tahunnya. Tahun 2018 lalu, IPM Garut hanya sebesar 65,42. Namun, Rudy mengklaim, saat ini peningkatan IPM Garut merupakan yang terbesar kedua di Jawa Barat.

"Unsur dari pemerintah, media, pengusaha, dan perguruan tinggi ini jadi upaya kami mempercepat pembangunan. Kebersamaan ini bisa memperbaiki citra Kabupaten Garut," pungkas Rudy.

(mud/mud)