Longsor di Bandung Barat Ancam Badan Jalan Tol Purbaleunyi

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 13:54 WIB
Petugas Jasa Marga tinjau lokasi longsor di Bandung Barat
Petugas Jasa Marga melihat kondisi longsor di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)

Sementara itu, Polres Cimahi membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menangani bencana longsor yang terjadi. Longsor tersebut menyebabkan sejumlah kerusakan termasuk menimbun 10 rumah warga.

Kapolres Cimahi, AKBP M. Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan satgas khusus itu merupakan tim gabungan dari anggota Polres Cimahi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, serta staf PT Jasa Marga. Tim ini akan menyelidiki penyebab pasti longsor yang sebelumnya diduga akibat gorong-gorong di bawah Jalan Tol Purbaleunyi tersumbat.

"Sampai sekarang kami masih berkoordinasi dengan BPBD KBB untuk menangani kejadian longsor ini. Terutama menganalisa penyebabnya," kata Yoris saat ditemui di lokasi longsor.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan penanganan bersama BPBD KBB membantu mengamankan aset warga yang terdampak longsor tersebut dan mengantisipasi longsor susulan.

"Kita juga rencananya melakukan penyedotan air, sebagai antisipasi adanya longsor susulan. Kita juga telah membangun tenda, dan memberikan pasokan logistik untuk warga yang terdampak," ujarnya.

Halaman

(mso/mso)