Jabar Hari Ini: Dony Pedro TNI Aktif-Gapura Sumedang Dikritik Publik

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 20:43 WIB
Gapura ucapan selamat datang Kabupaten Sumedang di Desa ciherang Kecamatan Sumedang Selatan menuai banyak kritikan netizen di medsos. Begini penampakannya.
Gapura 'Selamat Datang di Sumedang' yang dikritik netizen. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)

Dony Pedro King of The King TNI Aktif

Pimpinan King of The King, Dony Pedro, terbukti merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) aktif berpangkat Letnan Satu berdinas di Pussenif Bandung. Dony tengah diproses hukum militer.

"Benar bahwa Saudara Dony Pedro anggota TNI aktif, pangkat Letnan Satu, berdinas di Pussenif," kata Kadispenad Brigjen Candra Wijaya kepada detikcom, Rabu (5/2/2020).

Nama Dony awalnya mencuat setelah kemunculan kelompok King of The King. Sejumlah pengikutnya di beberapa daerah bahkan berurusan dengan polisi lantaran tersandung kasus dugaan penipuan. Kini Dony tengah diproses hukum militer karena diduga melakukan penipuan.

"Yang bersangkutan sudah mulai menjalani proses hukum sejak tanggal 31 Januari 2020 di Pomdam III/Siliwangi karena diduga telah melakukan Tindak Pidana penipuan," ujar Candra.

Jabar Hari Ini: Dony Pedro TNI Aktif-Gapura 'Selamat Datang Sumedang' DikritikDony Pedro. (Foto: tangkapan layar YouTube)

Selain berdinas di Pussenif Bandung, Dony mengaku kepada salah seorang pengikutnya, Juanda, pernah bertugas di Badan Intelijen Startegis TNI. Dony pernah menunjukkan kartu berwarna pink tertera nomor ST /80/II/2005-SI. Surat itu dikeluarkan di Jakarta pada 11 Februari 2005 dan berlaku hingga 28 Februari 2006.

Pada surat itu tertera nama Dony Pedro. Pangkatnya letnan dua (letda) infanteri, dengan nomor registrasi pusat (NRP) 623235. Kesatuan Intel Bais TNI, penugasan khusus, dan bertugas di seluruh Indonesia.

Juanda menyatakan Dony kerap mengaku punya akses langsung ke sejumlah petinggi militer hingga menteri dan presiden. "Saya percaya karena dia TNI," ujar Juanda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4