51.800 Peserta ikuti Tes CPNS di Kota Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 10:40 WIB
Tes CPNS di Tasikmalaya
Peserta tes CPNS di Kota Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya -

Sebanyak 51.800 orang peserta tes CPNS mengikuti Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Gedung Serba Guna Balai, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai Sabtu (1/2/2020) hingga minggu (27/2/2020). Mereka berasal dari dari enam kabupaten dan kota di Priangan Timur, mulai Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran hingga Kabupaten Tasikmalaya.

"Sebanyak 51.800 peserta tes CAT hari ini sampai 27 Februari mendatang. Peserta datang dari lima kota dan kabupaten di Priangan Timur," ucap Penanggung Jawab Seleksi Nasional Kantor BKN III Regional Bandung Imas Sukmariah di lokasi tes, Sabtu (1/2/2020).

Pihak penyelenggara pastikan persiapan tes CAT SKD sudah berjalan maksimal. Selain disediakan server cadangan untuk hindari gangguan, petugas juga pastikan konektivitas internet terjamin hingga peserta nyaman melaksanakan tes CAT.

"Sebagai antisipasi kita sediakan dua server cadangan antisipasi gangguan, laptop cadangan 18 buah, sementara komputer dan laptop yang akan digunakan sebanyak 400 buah, ujar Imas.

Setiap sesi diikuti 400 peserta sesuai ketersediaan komputer. Dalam sehari dilaksanakan lima sesi tes CAT.

51.800 Peserta ikuti Tes CPNS di Kota TasikmalayaRuangan peserta tes CPNS. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)

Pihak BKN menghimbau agar masyarakat tidak mempercayai oknum yang bisa meloloskan menjadi CPNS. Apalagi harus membayar uang puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Masyarakat jangan percaya kalau ada oknum atau pelaku penipuan yang mencari keuntungan dari proses rekrutmen CPNS ini bisa meloloskan jadi ASN dengan membayar uang, jangan percaya itu bohong. Dipastikan rekrutmen CPNS bebas dari hal itu," kata Imas.

Seorang peserta mengaku sudah mempersiapkan tes CPNS dengan maksimal. Selain belajar, mereka juga berdoa agar lolos menjadi PNS.

Lina Herlina salah satu peserta asal Puspahiang mengikuti tes CAT untuk format perawat di RSUD dr. Soekardjo, Kota Tasikmalaya.

"Untuk tes ini saya belajar. Saya mau jadi perawat. Formasinya hanya 77 orang dari peserta 1.600 orang yang ikut," ucap Lina.

(bbn/bbn)