Bahayakan Dua Rumah Penduduk, Kios Ponsel di Lembang Dirobohkan

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 13:28 WIB
Foto: Dokumentasi BPBD
Bandung Barat -

Sebuah kios ponsel dirobohkan warga di Kampung Babakan Laksana, RT 1/7, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (26/1/2020).

Perobohan itu dilakukan menyusul longsor yang menerjang konter tersebut sehari sebelumnya, sehingga membuat bangunan semi permanen itu miring dan mengancam dua rumah yang berada di bawahnya.


Mahmud (42), warga setempat, mengatakan longsor selebar lima meter itu terjadi karena tanah di atas tebing kondisinya labil. Longsor dipicu oleh guyuran hujan yang cukup deras di wilayah Lembang.

"Kondisi bangunan (kios) juga tidak terlalu bagus, material bangunannya didominasi kayu dan sebagian beton," ujar Mahmud saat dihubungi, Minggu (26/1/2020).

Atas kesepakatan pemilik dan warga, akhirnya kios tersebut dibongkar. Material sisa longsor yang menutupi jalan pun sudah disingkirkan petugas dari BPBD, TNI Polri, relawan dan warga sekitar.

"Pemilik konter mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta untuk bangunan dan sejumlah ponsel yang rusak akibat sempat tertimbun longsor," ucap Mahmud.

Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan, longsor ini memang diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi dan kontinyu, ditambah kondisi tanah labil dan miring, hingga akhirnya tebing ambrol.

"Akibatnya, longsor berupa tanah dan pasir menimbun jalan dan sebuah bangunan kios roboh," ucap Duddy.

Setelah kejadian, BPBD KBB kata Duddy, langsung berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Lembang, aparat Desa Gudang Kahuripan untuk melakukan peninjauan termasuk membersihkan material longsor.

"Pembersihan material longsor dilanjutkan tadi pagi dengan cara kerja bakti dan memasang karung berisi tanah untuk penahan sementara," katanya.

(ern/ern)