Ratusan Rumah di Gedebage Bandung Terendam Banjir

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 10:31 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Banjir turut menerjang kawasan Gedebage Kota Bandung. Ratusan rumah warga terendam.

Kondisi banjir itu terjadi di RW 03 Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Berdasarkan pantauan detikcom pada Minggu (26/1/2020), air masih menggenang dengan ketinggian mencapai betis kaki orang dewasa.

Sejumlah warga tampak masih melakukan aktivitasnya. Mereka berjalan dan berbincang dengan kondisi jalan yang digenangi air cukup tinggi.


Mina (30) salah seorang warga mengatakan kondisi banjir ini sudah terjadi sejak tiga hari lalu atau sejak Jumat (24/1). Saat itu, kata dia, hujan yang turun memang cukup deras.

"Ini sudah tiga hari seperti ini. Baru sekarang banjirnya besar," kata Mina saat berbincang dengan detikcom.

Rumah mina pun turut jadi korban. Air sampai masuk ke dalam rumahnya. "Di dalam rumah sebetis pak. Kerendem barang-barang juga," kata dia.

Ratusan Rumah di Gedebage Bandung Terendam BanjirFoto: Dony Indra Ramadhan


Sulaeman (52) ketua RW 03 mengatakan banjir yang melanda wilayahnya merendam hampir seluruh rumah. Total ada 309 unit rumah di RW 03 yang terendam.

"Hampir semuanya terendam. Ada lima RT di sini yang terendam semuanya. Hampir 309 rumah," kata Sulaeman.


Menurut Sulaeman, banjir terkadang memang kerap menerjang wilayahnya. Namun dalam tiga tahun terakhir, banjir saat ini yang dinilai berbeda.

"Ini yang paling dahsyat. Dua minggu lalu banjir tapi cuma 20 sampai 30 sentimeter. Kalau sekarang 50 sentimeter," katanya.

Meski kebanjiran, Sulaeman mengaku warga tak banyak yang mengungsi. Namun ada sebagian warga yang numpang di rumah tetangga atau ke masjid.

"Kalau ngungsi sih nggak ada, paling sementara ikut di tetangga atau ke masjid," kata dia.

Menurut Sulaeman, banjir yang terjadi di wilayahnya itu dikarenakan pembuangan dari beberapa tempat seperti perumahan Bandung Inten, Adipura hingga Riung Bandung.

"Pembuangan dari Riung Bandung, Bandung Inten semua ke sini. Dari RW 06 (Adipura) terkadang masuk. Sementara dari sini, mau dibuang ke mana?," katanya.

Selain RW 03, banjir juga tampak menggenangi ruas Jalan Derwati. RW 03 sendiri memang berada di samping atau pertigaan Derwati. Ketinggian air terlihat mencapai mata kaki orang dewasa. Arus lalu linta masih normal, kendaraan hilir mudik melintasi kawasan itu meski harus pelan-pelan.

Simak Video "Banjir Underpass Kemayoran Belum Surut, Ini Penyebabnya"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)