Jabar Sepekan: Ipah Ditemani 'Gadis Baju Merah' dan Surili 'Siluman' Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 18:33 WIB
Surili yang ditangkap petugas di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Surili 'Siluman' Ditangkap

Seekor surili, monyet endemik Jawa Barat, berhasil ditangkap dan dievakuasi di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jumat (24/1). Awalnya warga Sukaraharja dihebohkan dengan berkeliarannya tiga ekor monyet yang diduga merupakan Surili. Warga pada awalnya menduga monyet abu itu siluman.

Spesies primata endemik Jawa Barat yang hampir punah dan sempat dijadikan Maskot dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Itu sering terlihat di berkeliaran di sejumlah kampung di Desa Sukaraharja sejak dua bulan terakhir.

Sejak viral soal kemunculan tiga ekor surili, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat langsung menurunkan tim untuk mengecek ke lokasi pada 17 Januari 2020.

"Informasi dari warga, mereka melihat ada tiga ekor. Sudah tertangkap satu, jadi kami akan coba cari dan evakuasi yang dua lagi," ujar Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat Lana Sari, Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya, dua perangkap masih disimpan di Desa Sukaraharja untuk menjebak surili yang masih berkeliaran. Warga diminta untuk terus bekerja sama dengan BKSDA dan melaporkan jika melihat kemunculan surili.

Jabar Sepekan: Ipah Ditemani 'Gadis Baju Merah' dan Surili 'Siluman' DitangkapSurili yang ditangkap petugas di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)