Jembatan Ganda Leuwigajah Cimahi Telan Anggaran Rp 29 M

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 22:01 WIB
Jalan Leuwigajah Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi -

Pemkot Cimahi memastikan pembangunan jembatan ganda atau double track di Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada 2020 ini. Proyek ini diprediksi akan memakan anggaran hingga Rp 29 miliar.

Kepala Bidang Perencanaan Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi Febri Widyatmoko mengatakan pelaksanaan pembangunan ini akan dilakukan oleh Pemprov Jabar. "Karena status jalannya milik provinsi, jadi yang membangun itu nanti Dinas Bina Marga Provinsi. Kalau Pemkot Cimahi hanya mendukung dari segi perizinan, lalu pembuatan UPL/UKL," ujar Febri saat ditemui di Pemkot Cimahi, Rabu (22/1/2020).

"Anggaran dari Pemprov Jabar sebesar Rp 29 miliar. Kota Cimahi dapat bantuan Rp 177 miliar untuk sejumlah proyek. Tidak ada lahan yang mesti dibebaskan ke warga, hanya pengajuan perizinan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," Febri menambahkan.

Infrastruktur ini pun akan dibangun berdampingan dengan jembatan Leuwigajah dan membentang di atas Tol Purbaleunyi. Spesifikasinya, jembatan dengan panjang 9 meter, lebar 7 meter, ditambah trotoar di kiri dan kanan masing-masing 1 meter.

Jembatan ganda ini, kata Febri, dibangun untuk mengurai kemacetan di bundaran Leuwigajah. Pengendara dari arah Leuwigajah bisa berbelok langsung ke arah Baros.

"Anggarannya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga. Tidak ada lahan yang mesti dibebaskan ke warga, hanya pengajuan perizinan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," ujar Febri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, mengatakan pembangunan jembatan ganda tersebut diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di ruas Jalan Mahar Martanegara.

"Jadi yang mau ke Leuwigajah, KBB dan Kabupaten Bandung, itu akses utamanya. Akan terjadi kemacetan parah setiap pagi dan sore. Kalau sudah dibangun, setidaknya bisa mengurai kemacetan," kata Dikdik.

(bbn/bbn)