Detik-detik Tabung Gas Meledak Hancurkan Rumah di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 21:49 WIB
Foto: Yudha Maulana
Cimahi - Nia Kurniati (40) mendengar suara ledakan disusul getaran hebat saat tengah melayani pembeli baksonya di Kampung Ciseupan RW 1, Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Senin (20/1/2020) sore.

Kemudian ia segera menoleh ke suara ledakan dan mendapati rumah milik tetangganya, Rani Rohani (45) ambruk. "Saya langsung terpikirkan anak-anak, karena biasanya kalau sore, mereka bermain di dekat itu (rumah Rani)," kata Nia saat ditemui di rumahnya, Senin malam.

Sebelum kejadian, Niken Devanisa Bangun (13), anak dari Rani tengah bermain di rumahnya. Kemudian, ia pamit pulang dan tak lama kemudian, terdengar ledakan.

"Kemungkinan yang menyalakan gas itu Niken, karena sebelumnya main di rumah saya terus dia bilang lapar. Memang sudah biasa masak sendiri. Tapi tiba-tiba ada ledakan, kencang sekali," ujar Nia yang rumahnya tepat berada di lokasi ledakan.

Akibat ledakan tersebut, Rani yang sedang melaksanakan salat Ashar tertimpa bangunan rumah. Begitu juga dengan Niken, yang terkena ledakan dan tertimpa reruntuhan.

"Langsung saya teriak minta tolong ke warga buat evakuasi Rani sama Niken. Tapi kalau Rani bisa keluar sendiri, sedangkan Niken harus dibantu warga sama petugas soalnya ada di dapur yang posisinya agak ke bawah tanah," katanya.

Beruntung, anak bungsu dari Rani, Nikita Nia Bangun (8) tak berada di dalam rumah.

"Alhamdulillah selamat. Langsung dua-duanya dibawa ke rumah sakit. Rani dibawa ke RS Dustira, kalau Niken dirujuk ke RSHS soalnya harus dioperasi. Suami sama anak sulungnya lagi di Jakarta, sedang perjalanan pulang juga," ucapnya.

Pantauan detikcom, ledakan juga menghancurkan bangunan dapur dan kamar mandi milik Siti Jubaedah (54). Garis polisi pun terpasang di sekitar lokasi kejadian.

"Kalau di rumah ibu Siti tidak ada korban, padahal sedang banyak orang," ucap Nia. (ern/ern)