Badai Claudia Berangsur Hilang, Bandung Diprediksi Kembali Diguyur Hujan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 16:58 WIB
Foto: Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyebut badai Claudia yang menyebabkan cuaca cerah di Bandung beberapa hari terakhir berangsur hilang. Perginya Claudia diprediksi membuat Bandung kembali akan diguyur hujan.

Badai Claudia sendiri merupakan gangguan-gangguan cuaca jangka pendek yang terjadi saat musim hujan. Badai ini berada di sekitar Australia. Adanya badai inilah yang membuat beberala wilayah Bandung Raya sempat cerah berhari-hari.

"Jadi badai nggak langsung hilang sama sekali, jadi dia mulai menjauh dari Benua Australia itu satu atau dua hari ini lah sudah mulai betul-betul hilang dampaknya," ucap Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya saat dihubungi, Sabtu (18/1/2020).


Dengan hilangnya Claudia, sambung Toni, pola angin di wilayah Bandung pun akan kembali normal seperti biasanya saat musim hujan. Dia menyebut, hujan berhari-hari berpotensi terjadi di wilayah Bandung.

"Ketika Claudia hilang, pola anginnya kembali ke normal, angin dominan berada di Barat dan banyak uap air yang melewati wilayah Jabar ini terutama di Bandung Raya dan ada potensi hujan," tuturnya.

Sejak kemarin dan siang tadi juga hujan sudah mulai mengguyur Bandung. Hujan yang turun memang masih beritensitas ringan.

Toni mengatakan dengan hilangnya Claudia dari benua Australia, hal itu membuat wilayah Bandung berpotensi kembali diguyur hujan. Hujan bisa terjadi mulai dari pagi hingga malam dengan intensitas ringan hingga lebat.

"Jadi kalau ada potensi hujan lebat, yang umumnya baru bisa dikenali kumpulan awannya dan juga potensi di suatu kecamatan itu tiga jam sebelum kejadian. Jadi kita bisa detail memberikan prakiraan itu rinci kecamatan mana yang potensi hujan lebat tiga jam sebelum kejadian. Itu kita sampaikan ke masyarakat," kata dia.



Simak juga video Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?:

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mso)