Warga Sumedang Digegerkan Air Artesis Rasanya Asin

Muhammad Rizal - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 20:19 WIB
Warga mencoba mengelurakan air artesis dari dalam bak di Cipeuteuy Baru, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang - Warga Sumedang digegerkan air sumur bor atau artesis memiliki rasa asin. Air yang rasanya asin ini membuat warga heran. Sebab posisi artesis tersebut berada di tengah Kota Sumedang yang jauh dari kawasan laut.

Kejadian itu berlangsung di kawasan RW 6 Cipeuteuy Baru, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Edi Jubaedi (56), selaku Ketua RT 4, menjelaskan artesis tersebut dibangun pada Agustus 2019 dan selesai di pertengahan Desember 2019.


Memiliki kedalaman 125 meter, sumur artesis ini mampu menampung debit air dua liter per detik. Air di tampung melalui tandon air berkapasitas 5.300 liter per 30 menit.

Menurut Edi, sumur ini merupakan bantuan dari Badan Geologi Kementerian ESDM pada 2019. Awal pertama kali keluar dari sumur bor, air tidak terasa asin.

Setelah selesai dibangun dan mulai dimanfaatkan, warga mulai merasakan bahwa air yang mereka gunakan itu asin. Mengetahui air artesis asin, Edi langsung menghubungi pihak Badan Geologi. Lalu disarankan untuk uji lab di Geologi Bandung.

"Hasil uji lab yang keluar tanggal 16 Januari kemarin, bahwa airnya memang rasa asin, jernih, dengan pH 7. Menurut Geologi, pH ini sangat bagus karena memilih pH tinggi," kata Edi saat ditemui di lokasi air artesis, Cipeuteuy Baru, Kabupaten Sumedang, Jumat (17/1/2020).
Selanjutnya
Halaman
1 2